Profil Singkat Nenden Lilis A, Perjuangan Dengan Menulis Novel



Profil Singkat Nenden Lilis A, Perjuangan Dengan Menulis Novel -- Ia dilahirkan di Garut, Provinsi Jawa Barat, tanggal  26 September tahun 1971. Ia mengenyam pendidikan di FBPS IKIP Bandung Jurusan Pendidikan dan Sastra Indonesia dan melanjutkan ke jebjang S-2 di IKIP Bandung. Ia sempat menjadi seorang redaktur majalah Isola, sebuah majalah yang ada di kampus. Ia sangat aktif dalam menulis resensi, esai, reportasi, puisi dan cerpen, di banyak surat kabar antara lain : Republika, Kompas, Media Indonesia, Pikiran Rakyat, Suara Pembaruan, Majalah Sastra Horison, Surabaya Post, dan lain lain.
Puisi yang ditulis terbit dalam antologi berjudul  Malam Seribu Bulan’, ‘Mimbar penyair abad 21’,Tangan Besi’,Angkatan 2000 dalam Sastra Indonesia’,Gelak Esai dan Ombak Sajak Anno 2002’,  Dari Fansuri ke Handayani’, Nafas Gunung’,Wanita Penyair Indonesia’, , ‘Aku akan Pergi ke Banyak Peristiwa’,Bunga Berserak’. Beberapa puisinya sudah di terjemahkan ke dalam bahasa asing antara lain bahasa Belanda, Inggris, mandarin dan Jerman, bahkan Ari KPIN membuat sebuah karya music dengan menggunakan  sajak-sajak karya Nenden yaitu dalam ‘Negeri Sihir’ dan diterbitkan berupa kaset.
Beberapa karya cerpen yang sudah terbit diantaranya dalam antologi Dunia Perempuan’, Dunia Ibu’, ‘Bulan Kertas’  dan Apresiasi Cerita Pendek Indonesia’  yang masuk dalam kategori Cerpen Pilihan Kompas tahun 2000. Antologi cerpennya berjudul ‘Ruang Belakang’ menang dalam lomba penulisan cerita pendek yang diselenggarakan oleh Bank BTPN Cirebon  dan harian Pikiran Rakyat Edisi Cirebon.

Ia juga sering di undang dalam beberapa kegiatan sastra, diantaranya Workshop cerita pendek Majelis Sastra Asia Tenggara, Mimbar Penyair Abad 21 ( tahun 1996), Diskusi dan Pembacaan Puisi di Yayasan Kesenian Perak Ipoh Malaysia (tahun 2004), Festival de Winternachten di kota Den Haag, Belanda (tahun 1999), Pembacaan Puisi di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), INALCO, kota Paris, Perancis (1999), Kongres Cerita pendek I di Yogyakarta (tahun 2000), Festival Puisi Internasional di Teater Utan Kayu Jakarta (tahun 2000), Festival Puisi Internasional Indonesia (tahun 2002),

Disamping  itu, ia juga sering aktif dalam ceramah dan apresiasi sastra di beberapa sekolah dan kampus kampus di Indonesia serta aktif dalam kegiatan pelatihan sastra. Membuat Komunitas Sastra Dewi Sartika (KSDS) di Kota Bandung yang fokus pada pada pengembangan kreatifitas, potensi, dan sosialisasi karya perempuan. Saat ini ia bekerja sebagai dosen Jurusan Sastra Indonesia di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil Singkat Nenden Lilis A, Perjuangan Dengan Menulis Novel"

Post a Comment