Yonathan Rahardjo, Penulis Novel Dengan Warna Baru



Yonathan Rahardjo, lahir di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada tanggal 17 Januari tahun 1969. Dia adalah seorang sastrawan Indonesia, Dia menjadi pemenang dalam kompetisi lomba novel yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Jakarta tahun 2006 dengan novel berjudul Lanang. Yonathan telah memberi corak  baru untuk  perkembangan dunia sastra di Indonesia. Tiga tokoh sastra Indonesia  ketika menjadi dewan juri lomba sastra berpendapat tentang corak baru yang diberikan Yonathan sangat bergengsi dan berpengaruh penting tersebut. Menurut ketiganya "Kekuatan paling utama ada di wawasan baru yang mewarnainya. Rumit namun…. sangat menarik. Kerumitan jalan cerita, kemampuan bahasa dan kompleksitas psikologi yang diperlihatkannya merupakan tawaran  baru yang paling bagus dalam dunia sastra Indonesia yang  mutakhir. dalam  dan kaya, adalah novel multidimensi yang dapat memperlihatkankan beberapa genre dan wajah yang banyak beberapa karya masih belum dijamah oleh para penulis Indonesia lainnya : thriller, sains, psikologi, sosial." Karakter ini pun terlihat dan menjadi tanda khas novel karya Yonathan lainnya.

Yonathan menulis cerpen, novel, esai, puisi, tulisan jurnalistik dan tulisan ilmiah popular  yang dipublikasikan di bebarapa buku dan sejak tahun 1983 di banyak  media massa diantaranya media cetak Tantular, Kartika,  Memorandum, Sema Pos, Jawa Pos, Surya, Surabaya Post, Karya Darma, Jaya Baya, Swadesi, Warta Advent, Warta Bethany, Warta Konferens, Efod, Infovet, Akrab Dengan Tuhan, Putra Agung, Seloliman, Lahai Roi, Bumi, Kabar Bumi, Berita Bumi,  Ozon, Meja Budaya, Satwa Kesayangan, Horison, Aksara, Media Indonesia, JakVet, Jurnal Nasional, Bina Desa,  Signal, Suara Pembaruan, Warta Kota,  Seputar Indonesia, Majelis, Suara Karya,  Republika, Majemuk, Damarjati, Batam Pos, Merdeka, Sinar Harapan, Serasi, Bintang Buruh, Koran Rakyat,  Agriswara, Dokter Hewan Lansia Surabaya, Poultry Indonesia, Tabloid Memo, Bahana, Jawa Pos Radar Bojonegoro, Harian Detik, Baca, Jawa Pos Radar Bromo,dan  Tabloid Warta,.
Karya tunggal
Novel berjudul Lanang (tahun 2008), novel berjudul Taman Api (tahun 2011), novel berjudul Wayang Urip (tahun 2012)
Antologi Cerpen berjudul  13 Perempuan (tahun 2011)
Kumpulan Puisi berjudul Jawaban Kekacauan (tahun 2004), dan Kedaulatan Pangan (tahun 2009)
Karya Ilmiah Popular dan karya Jurnalistik berjudul  Avian Influenza, Pencegahan dan Pengendaliannya (tahun 2004), Air Sehat untuk Ternak Ayam (tahun 2012), dan Mengatasi Stres Ayam (tahun 2012)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yonathan Rahardjo, Penulis Novel Dengan Warna Baru"

Post a Comment