Desainer Busana yang produktif menulis, Sanny Poespo

Desainer Busana yang produktif menulis, Sanny Poespo -- Wishnu Sandjaya Poespo atau yang lebih akrab dikenal dengan Sanny Poespo. Surabaya menjadi tempat kelahirannya pada tanggal 25 Desember tahun 1949. Pengalamannya selama menekuni dunia menggambar dan dunia fashion sejak bertahun tahun dibentuk dalam sebuah buku. Seluruh kemampuan dalam mengolah warna, membuat sketsa busana hingga menwujudkannya dipelajari secara otodidak tanpa dipelajari dalam pendidikan resmi.
Sanny Poespo Lulus dari Universitas Gadjah Mada pada Fakultas Peternakan. Awalnya ayahnya Drh. R. Saleh Poespo mengharapkan dia bisa melanjutkan karirnya sebagai dosen di UGM. Namun dia justru memilih bergelut di dunia busana yang disukainya sejak kecil. Selama perjalanan hidup yang dijalani hamper dihabiskannya dengan menjadi pengajar fashion drawing dan desian busana bi beberapa sekolah mode di Yogyakarta.
Buku seri terbarunya berjudul Aneka Rok Trendi diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama tahun 2006. Buku sebelumnya terangkum dalam dua seri : Gaya Bordir  dan Reka Busana. Seluruh bukunya mendapat apresiasi di pasaran. Seri Reka Busana Kerja, Reka Busana Muslim, Reka Busana Kebaya, Reka Busana Muslim Gamish Modish, Reka Busana Kerja Paduan Celana Panjang, Reka Busana Kerja Paduan Rok. Belum lagi buku yang diterbitkan oleh penerbit lain seperti Penerbit Kanisius (Puspa Ragam Kebaya, Yogyakarta, 2000), (Pola Busana Wanita, Yogyakarta, 2001), (Aneka Busanan Muslim, 2001), yang hebatnya lagi, semua gambar dalam bukunya dikerjakan dengan tangan sendiri.
Penulis mencoba membuat berbagai macam model kebaya baru dengan macam – macam variasi, masuk juga desain kebaya bagi pengantin, hal tersebut tertuang dalam buku Model Reka Busanan Kebaya (Penerbit Gramedia, 2003). Melalui pengamatan, bagaimanapun bentuk tubuhnya dan siapapun yang memakainya, besar kecil atau sedang kebaya akan memberikan aura cantik, anggun, luwes bagi yang memakainya, terutama untuk perempuan Indonesia. Maka akan sangat senang saat para pembaca bisa menggunakan desain desainnya untuk menciptakan dan membuat kebaya lalu memakainya. Karena dengan hal ini pembaca kut serta dalam memasyaratkan kebaya dan melestarikannya sebagai suatu ciri khas bangsa Indonesia. Dari karya – karyanya Sanny Poespa mendapat jutaan rupiah berupa royalty.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Desainer Busana yang produktif menulis, Sanny Poespo"

Post a Comment