Buku "FILSAFAT ISLAM, bagi yang pengen tahu"

Judul                 : FILSAFAT ISLAM, bagi yang pengen tahu
Penulis             : Amroeni Drajat
Penerbit           : Erlangga
Tahun              : 2006

Daftar isi :
Kata Pengantar Penulis
Bab I Pendahuluan

  1. Tradisi Keilmuan Di Dunia Islam 
  2. Sekilas Tentang Nasib Para Filsuf Kecil

Bab II Para Filsuf Muslim di Dunia Islam Belahan Timur

  1.     Al-Kindi 
  2.  Ar-Razi 
  3.  Al-Farabi 
  4.  Ikhwan Al-Shafa 
  5.  Ibnu Miskawaih 
  6.  Ibnu Sina 
  7.  Al-Ghazali

Bab III Pemikiran Filsafat di Dunia Islam Bagian Barat
  1. Ibnu Bajjah 
  2.  Ibnu Thufail 
  3.  Ibnu Rusyd
Bab IV Sosok Filsuf Minor
  1. Abu Hasan Al-Amiri 
  2.  Suhrawardi al-Maqtul
Daftar Pustaka


Ikhtisar
Sejauh mana kita mengenal pribadi dan pemikiran para filsuf Islam seperti Al-Kindi, Ar-Razi, Ibnu Sina atau Al-Ghazali? Pokok-pokok pikiran mereka masing-masing memiliki karakteristik tersendiri pada bidang yang digeluti. Sayangnya nama-nama besar tersebut menutupi eksistensi beberapa tokoh filsuf yang belum terkenal. Padahal, Nashiruddin Al-Thusi, Al-Sijistani, dan Abu Hayyan Al-Tauhidi juga tak kalah hebat menyusun buah pemikiran mereka untuk menjadi dasar-dasar ilmu pengetahuan.
Agar generasi muda muslim lebih banyak mengenal  para cendekiawan tempo dulu yang turut membangun peradaban Islam, ada baiknya mengetahui filsuf minor selain para filsuf yang telah mapan dan termasyhur. Bagaimanapun juga, tradisi pemikiran dalam islam menyertakan banyak tokoh dengan keragaman pengkajian yang berharga. TAK BISA hanya mengambil kesimpulan dan contoh dari segelintir nama dan menafikan keberadaan alternative pemikiran laian.
Buku ini bisa menjadi pedoman untuk mengajarkan mata kuliah filsafat Islam. Meskipun tak semua filsuf dimasukkan dalam buku ini, penulis mengadakan sejumlah modifikasi dalam penyajian tokoh tokoh di dalamnya. Agama dan filsafat, akhlak dan akal, jiwa dan materi, metafisika teologis, filsafat politik, dan etika ilmuwan, hanyalah sebagian bidang yang dibahas dalam buku ini. Bila sebelumnya telinga kita lebih akrab dengan nama Aristoteles, Kant, atau bahkan Marx, saatnya membuka halaman pertama buku ini untuk kemudian menyaksikan kemegahan pemikiran para filsuf Islam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buku "FILSAFAT ISLAM, bagi yang pengen tahu""

Post a Comment