Budaya yang beragam, menguntungkan atau malah merugikan?


Di indonesia budaya yang beragam adalah  aset penting yang harus dijaga dan dilestarikan oleh bangsa Indonesia sendiri. Kekayaan yang tidak dapat dibandingkan dengan negara lain. suatu Negara yang memunyai banyak budaya  sudah  seharusnya "kebudayaan" menjadi identitas di suatu negara tersebut. Adat istiadat, tradisi , dan bahasa, adalah  beberapa macam  dari suku bangsa yang ada  di Indonesia. Sebagaimana salah satu isi dari trisakti yang digagas oleh  Bung Karno "Berkepribadian dalam berkebudayaan". Kalimat  yang seharusnya pas dan bisa digunakan oleh negara yang memiliki sejarah yang amat panjang. Dari sabang hingga merauke dari miangas sampai pulau rote  adalah letak luas wilayah dari negara kepulauan yang ada di asia tenggara tersebut. Ada lebih dari 300 suku bangsa  atau kelompok etnik di Indonesia dan lebih tepatnya 1.340 suku bangsa menurut data yang dikeluarkan oleh BPS tahun 2010 dan jumlah keseluruhan pulau di Indonesia sebanyak 17.508. 

saat sebuah individu  atau kelompok kaya akan suatu hal, tapi tidak dapat dijaga dan dikelola dengan baik. Maka yang terjadi ialah  keterpurukan dan  ketertindasan dari kekayaan itu. Karena pondasi yang tidak terlalu kuat untu menyangga bangunan yang sangat  kuat dan besar hingga bisa mengalami kerobohan pada bangunan tersebut. Itulah keadaan yang terjadi pada Negara yang kita cintai ini. "akar dan kayu jadi tanaman" adalah slogan  yang sering kali  kita ucapkan oleh para bumiputera yang sekarang susah dirasakan karena alam yang tidak dapat dikelola dengan baik. Tanah yang mudah pecah - pecah dan kering akibat kekurangan air. Didukung juga  oleh fenomena alam yang semakin amburadul akibat usianya yang sudah menua dan manusia yang tidak dapat  menjaga alam tersebut. Iklim dan cuaca yang semakin tidak jelas dan sangat sulit diprediksi oleh siapapun. Jika dulu hanya dengan melihat keadaan alam dapat terlihat keadaan yang akan terjadi, maka sekarang dengan teknologi yang semakin berkembang bisa dengan mudah terjadi kesalahan akibat kondisi alam yang tak menentu.

Keadaan itu  sangat memengaruhi  pembentukan indentias sebuah bangsa yang semakin terperosok dan menurun oleh penduduknya sendiri. Budaya yang beragam dan kekayaan alam yang berlimpah bisa  menjadi bumerang bagi penduduknya sendiri. Masalah  sering terjadi dimana-mana karena merosotnya  tatanan moral dan nilai toleransi antara satu dengan yang lain. Seperti halnya dengan keadaan  alam yang terjadi, banjir, tanah longsor, gunung meletus, gempa bumi seperti sudah menjadi kebiasaan pada bangsa ini.
Ada banyak hal yang  bisa dijadikan refleksi untuk bangsa ini, apakah bumi yang tambah menua? apakah alam sudah semakin marah  dengan perilaku para penduduknya? apakah bangsa kita yang tidak pantas menerima kekayaan yang sangat berlimpah ini? Atau apakah  bangsa ini yang harus dipecah belah? Sangat  banyak pertanyaan – pertanyaan  yang mungkin belum dapat  kita jawab.

Oleh : Yusuh Muarif Hidayat

btc rotator faucet

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budaya yang beragam, menguntungkan atau malah merugikan?"

Post a Comment