Yudhistira AN Massardi



Nama lengkapnya Yudhistira Ardi Nugraha Massardi, lebih dikenal dengan Yudhistira AN Massardi, beliau lahir di Subang, Provinsi Jawa Barat pada tanggal 28 Februari 1954. Ia aktif menulis sejak tahun 1970, berupa cerpen, puisi, sandiwara, esai, dan lirik lagu. Saat di jenjang SMP, Yudhis sudah menekuni dunia tulis menulis. Ia menjelaskan bahwa keinginan menulis karena keinginan yang sangat besar agar namanya dan tulisannya terlihat di majalah dan koran. Di usianya yang ke-16 tahun, di tahun 1970, keinginan itu terwujud. Beberapa tulisannya mulai diterbitkan. Selain menulis novel, drama, dan cerpen, Yudhia juga menulis puisi, serta esai dan kritik meski dalam jumlah yang sedikit. Arjuna Mencari Cinta menjadi novel bacaan remaja terbaik dan meraih hadiah pada tahun 1977 dari Yayasan Buku Utama dan sangat ramai dibicaakan. Novel itu adalah gambaran kehidupan remaja pada saa itu. Bahasanya enak dinikmati dan  sangat hidup.
Dengan model bahasa yag hidup ia bisa menjadikan  pembaca terpikat hingga baris terakhir. Seluruh tokoh yang diceritakan memakai tokoh pewayangan. Namun ceritanya sendiri tidak akan ketemu dalam cerita atau karangan manapun juga. Saat cerita itu dipublikasikan  menjadi sebuah film, Departemen Penerangan RI saat itu tidak setuju dengan penggunaan nama-nama tokoh pewayangan. jadi judulnya diganti menjadi “Mencari Cinta” Saja.
Setelah lulus SMA di kota Yogyakarta,1972, Yudhis hijrah ke Jakarta dan hidup dengan prihatin. Selama satu semester saja dia mengenyam bangku kuliahu di Akademi Sinematografi LPKJ. ia pun pernah berjualan koran, merasakan kehidupan di jalanan dan tidur di mobil. Setelah itu ia masuk dunia kewartawanan dan pada tahun 1976-1978 sempat menjadi Wakil Pimred majalah Le Laki. disamping itu, kegiatan sastra tidak ia tinggalkan. Naskah dramanya Wot terbit tahun 1977 dan Ke terbit tahun 1978 mendapatkan juara harapan dalam sayembara Penulisan Naskah Drama DKJ. Kumpulan puisi-puisinya, Sajak Sikat Gigi, dipilih sebagai satu antara empat buku-buku puisi paling baik tahun 1976 - 1977, yang dihasilkan oleh pertimbangan dewan juri  Dewan Kesenian Jakarta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yudhistira AN Massardi"

Post a Comment