Profil Lengkap Akademisi Sukses : Prof. Dr. Faruk

Profil Lengkap Akademisi Sukses : Prof. Dr. Faruk -- Faruk lahir di kota Banjarmasin pada 10 Februari tahun 1957.   Pendidikan yang ditempuh dari mulai SD (sekolah dasar) sampai dengan jenjang SMA (sekolah menengah atas) ia tempuh di kota Banjarmasin. Tempatnya bersekolah yaitu di SD Swadesi (lulus pada tahun 1969), SMP Seroja (lulus pada tahun 1972), dan SMAN 1 (lulus pada tahun 1975). Selepas  lulus dari jenjang  SMA, ia hijrah dari kota kelahirannya ke kota Yogyakarta dalam rangka melanjutkan kuliah dan belajar  di Fakultas Sastra & Kebudayaan, UGM di kota Yogyakarta, dan lulus kuliah pada tahun 1981. Ketika tahun 1985 ia menempuh program Strata 2 di Sekolah Pascasarjana UGM (Universitas Gadjah Mada) dan lulus S-2 pada tahun 1988. Lalu, ia melanjutkan kembali ke  program Strata 3 juga  di Sekolah Pascasarjana UGM (Universitas Gadjah Mada)   dan lulus pada tahun 1994.
Pengalaman menjadi dosen pertama kali dengan tugasnya menjadi asisten ahli madya pada Fakultas Sastra & Ilmu Budaya, (Univeritas Gajah Mada), pada tahun 1983 sampai dengan 1985.  Di thn 1986 sampai saat ini ia menjadi pengajar di Fakultas Sastra & Ilmu Budaya, UGM kota yogyakarta. Ia diangkat menjadi Guru Besar (Profesor) di Fakultas yang ia ajar dan Sastra/Ilmu Budaya, UGM, pada tahun 2009.
Selain sebagai dosen di Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra & Ilmu Budaya, UGM, Faruk juga pernah menjadi dosen di Hankuk University of Foreign Studies, kota Seoul, negara Korena Selatan ( pada tahun 2007 sampai tahun 2009) dan selalu  aktif melakukan kegiatan penelitian (pada tahun 1998 sampai tahun 2009). Faruk juga selalu tampil sebagai pemateri dan narasumber dan penanggap di kegiatan-kegiatan ilmiah lainnya, baik sastra, budahay ataupun bahasa..

Karya-karyanya yang sudah diterbitkan:
1.       Buku Pengantar Sosiologi Sastra (dalam edisi revisi) (Terbit di kota  Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, tahun 2010)
2.       Buku Pengantar Sosiologi Sastra (Terbit di kota  Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar)
3.       Hanya Inul (Tebit di kota Yogyakarta: Penerbit Galang)
4.        Novel-Novel Indonesia Tradisi Balai Pustaka  (Yogyakarta: Gama Media,2002
5.       Dan lain –sebagainya.

Slain menulis buku, beliau juga menulis berbagai macam penelitian danartikel ilmiah lainnya. Sekarang beliau tinggal di Sleman, yogyakarta beserta keluarganya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil Lengkap Akademisi Sukses : Prof. Dr. Faruk"

Post a Comment