DASAR PEMIKIRAN Penulisan Buku III : (PROSES)

 
DASAR PEMIKIRAN Penulisan Buku III : (PROSES) -- Proses kreatif para penulis datam buku ini, saya yakin bisa memberi inspirasi pada pembaca. Ada 101 penulis dengan berbagai latar belakang, sosial budaya, pendidikan, usia, status ekonomi, yang berhasil menjadi penulis kaya. Saya yakin mereka telah mewarnai bangsa ini dengan karya-karya besar mereka. Bahkan saya sangat yakin, ke depan masih banyak karya-karya besar tercipta dari mereka.  
Proses penentuan 101 penulis datam buku ini, semata-mata karena saya pernah membaca kisah sukses mereka, dan saya sendiri termotivasi oleh mereka. Ada yang sudah lama saya baca, ada yang sambil jalan saat menyusun buku ini. Ketika saya berpikir akan menampilkan 101 penulis, sejak awal saya belum mendapatkan list-nya. Mengalir saja saya kumpulkan satu demi satu. Tadinya, kalau penulis lokal tidak mencapai 101, akan menyertakan penulis asing, tapi ternyata profil penulis lokal yang saya baca dari berbagai artikel (dan ini sangat langka) ternyata mencapai 101, maka saya putuskan untuk menampilkan semuanya penulis lokal. 
 Secara pribadi saya tidak kenai penulis-penulis dalam buku ini, saya hanya mengenal mereka lewat segelintir karya mereka yang pernah saya baca dan profil mereka. Oleh karena itu, saya tidak mempermasalahkan kehidupan mereka sebelum dan sesudahnya. Datam penulisan, saya tidak mengategorikan, dan membatasi antara penulis senior atau junior, sastrawan atau penulis pop. Yang penting, bagaimana pembaca termotivasi melihat kisah sukses mereka. Ketika semakin banyak penulis tahir setelah membaca buku ini, itulah yang menjadi kepuasan saya. 
 Mungkin saja ada penulis idola anda yang menurut anda lebih sukses, lebih kaya, tapi tidak masuk datam buku ini, sekali lagi tidak bermaksud mengecilkan peran penulis tersebut. Hal itu terjadi semata-mata karena keterbatasan literatur, dan keterbatasan halaman. Begitu juga urutan datam buku ini, disusun tanpa ada maksud tertentu. Karena urutan bukanlah menjadi prioritas. Jadi anda boleh membaca penulis mana yang anda tertarik lebih dahulu.
Sekali lagi proses kreatif mereka menjadi salah satu yang utama menjadi dasar keterwakilan mereka datam buku ini. Terus terang, saya sengaja tidak menghubungi penulis-penulis yang ada datam buku ini sebelumnya, meskipun itu bisa saya lakukan lewat korespondensi atau e-mail, demi menjaga objektivitas saya datam memasukkan mereka datam buku ini. 
Semoga setelah membaca buku ini, pembaca bisa membuat 101 penulis kaya lainnya yang mungkin belum terwakili dalam buku ini. Karena saya sangat yakin masih banyak lagi penulis-penulis hebat di negeri ini. Sehingga ke depan, dunia penerbitan, dunia perbukuan,  semakin marak yang pada akhirnya masyarakat kita semakin cerdas. Kita tidak perlu menunggu pemérintah melakukannya, karena kita tahu pendidikan menjadi prioritas kesekian bagi pemerintah.
Karena hanya yang berpikir maju dan revolusioner yang menempatkan pendidikan pada pgpritas utama. Selamat membaca,semoga anda juga menjadi penulis sukses, kaya raya, dan sehat, terjadilah!

Sumber : Albert Marbun, 101 Penulis KAYA, (Penerbit Ide Media, Semarang, 2008) hal.3

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DASAR PEMIKIRAN Penulisan Buku III : (PROSES)"

Post a Comment